Penjelasan Marquez Soal Penyebab Kecelakaan di FP1 MotoGP Thailand

BURIRAM – Marc Marquez sempat mengalami kecelakaan di sesi FP1 MotoGP Thailand 2019. Motornya rusak parah dan ia sempat dibawa ke pusat medis terdekat dengan ambulans.

Marquez awalnya diprediksi mengalami cidera parah dan tak bisa melanjutkan balap. Meski begitu, usai diperiksa lebih lanjut, ia diizinkan kembali ikut FP2 MotoGP Thailand. Hasil pemindaian MRI menyimpulkan tak ada bagian tulang Marquez yang patah.

“Sekitar lima detik usai kecelakaan aku tidak bisa bernapas. Aku dibawa ke rumah sakit, dan paling penting sekarang aku baik-baik saja,” kata Marquez dilansir dari Crash.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez.

Pebalap Repsol Honda Team asal Spanyol, Marc Marquez.(AFP/JOSE JORDAN)

Ia mengakui masih merasakan sakit, terutama di bagian leher, punggung, dan pinggul kiri. Terutama karena memar bekas kecelakaan highside, yang diperkirakan karena masalah pada ban yang baru digunakan.

“Itu karena ban baru, dan sepertinya kondisi trek juga tidak terlalu bersih. Biasanya kami tidak menutup penuh gas saat tikungan, tapi di lap itu saya tutup gas lalu terjadi engine brake, hal itu yang kemudian mengunci roda belakang,” ujarnya.

Hal ini turut menutup spekulasi soal kesalahan teknis pada motor Marquez. Menurutnya, kecelakaan ini murni terjadi karena kesalahannya saat di tikungan.

“Tapi di beberapa tikungan saya mengemudi seperti itu tidak ada masalah, mungkin karena waktu itu lintasannya kotor atau ada sesuatu entahlah,” ucap Marquez.

 

 

Sumber: Kompas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *