Gubernur Sumatera Selatan Minta Warga Tak Jual Harta Karun ke Luar Negeri

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meminta warga tidak menjual hasil perburuan harta karun di Kecamatan Tulung Selapan dan Cengal, Ogan Komering Ilir (OKI) ke luar negeri. Deru akan melapor ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) atas penemuan itu.

Deru mengimbau warga segera melapor ke pemerintah setempat, jika menemukan atau menyimpan barang-barang tersebut. Hal ini sangat penting untuk meneliti lebih lanjut oleh pihak terkait.

“Saya minta jangan jual ke luar negeri, disimpan dulu barang-barang itu,” ungkap Deru, Senin (7/10).

Deru mengatakan, sejauh ini belum diketahui asal muasal harta karun tersebut. Namun dia mengklaim sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya.

“Tahun berapa, era kerajaan siapa, atau lainnya itu yang perlu diteliti. Yang pasti itu identitas Kerajaan Sriwijaya,” kata dia.

Oleh karena, dia segera melapor ke Kemendikbud dengan harapan dapat ditindaklanjuti. Dia menginginkan para arkeolog datang ke lokasi perburuan agar segera melakukan penelitian.

“Nanti akan kita bahas, kita lakukan kerja sama dengan Kemendikbud, saya minta arkeolog datang ke sana untuk meneliti,” pungkasnya.

 

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *