Edhy Prabowo Akan jadi Menteri Kelautan dan Perikanan Geser Posisi Susi?

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan menggandeng masuk Partai Gerindra, mantan seteru di Pilpres 2019 masuk kabinet. Hal itu ditandai kehadiran Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan Waketum Edhy Prabowo di Istana, Senin (21/10) sore kemarin.

Berkemeja putih, Prabowo dan Edhy berbarengan masuk bertemu tertutup dengan Jokowi di Istana. Hampir satu jam bertemu, Prabowo memastikan Jokowi mengajak Gerindra masuk kabinet, mereka pun menyanggupi.

Prabowo diajak diskusi mengenai Pertahanan Negara dan siap bekerja kerja mencapai target yang diberikan. Sejak Awal Oktober, isu Prabowo akan diplot jadi Menhan memang menguat.

Lalu bagaimana dengan Edhy Prabowo?

Sempat dikabarkan akan mengisi jabatan Menteri Pertanian, namun dalam diskusi dengan Jokowi kemarin, sumber menyatakan, Edhy akan jadi Menteri Kelautan dan Perikanan menggeser posisi Susi Pudjiastuti.

“Pak Prabowo Menhan, Edhy Prabowo Menteri Kelautan,” kata seorang anggota Dewan Pembina Gerindra yang juga anggota DPR RI ini, Selasa (22/10).

Susi memang disebut sudah tak lagi diterima parpol karena kebijakannya selama menjabat Menteri Kelautan dan Perikanan. Namun kinerjanya di kabinet, membuat Jokowi puas. Posisi Susi kemungkinan digeser ke kementerian lain.

Meskipun sampai saat ini, masih terjadi tarik menarik jabatan antara parpol pendukung Jokowi dan posisi Menteri KP. Tapi Jokowi ingin Edhy mengisi jabatan Menteri KP.

Jokowi bersama parpol pendukung tengah melakukan konsensus hingga hari ini. Usai bertemu, Prabowo dan Edhy juga masih merahasiakan posisi Edhy, meski memastikan Gerindra akan dapat jatah dua kursi menteri.

Prabowo menegaskan, Jokowi harus konsolidasi lebih dulu terkait jabatan Edhy. Berbeda dengan dirinya yang sudah diminta fokus di bidang pertahanan.

“Nanti beliau (Jokowi) sendiri yang umumkan (posisi Edhy),” kata Prabowo.

Presiden Jokowi sepanjang hari Senin (21/10) memanggil sejumlah calon menteri ke Istana sejak pagi Senin pagi kemarin. Di antaranya ada Wishnutama, Erick Thohir, Nadiem Makarim, Pratikno, Fadjroel Rachman, Nico Harjanto, Airlangga Haratarto, Prabowo dan Edhy Prabowo.

Rencananya, Jokowi akan resmi perkenalkan ke publik komposisi menteri kabinet jilid II nya pada Rabu 23 Oktober besok. 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *