Valentino Rossi Mengaku Sempat Sulit Bernapas

MUGELLO – Pebalap movistar yamaha motogp, Valentino Rossi, tidak akan turun dengan kondisi 100 persen fit pada GP Italia yang berlangsung di Sirkuit Mugello, 2-4 Juni.

Pebalap 38 tahun tersebut mengalami kecelakaan saat berlatih motokros di Cross Club Cavallara, Mondavio, Pesaro Urbino, Italia, Kamis (25/5/2017).

“Saya berlatih di Cavallara, yang merupakan salah satu lintasan trek motokros favorit saya,” kata Rossi di Sirkuit Mugello, Kamis (1/6/2017).

“Sayangnya, setelah melakukan jump, saya mendarat satu meter di luar lintasan dan tanahnya lembek. Motor berhenti dan saya terlempar ke depan,” ujar dia.

Saat terlempar tersebut, bagian perut Rossi terkena handlebar atau setang (pegangan setir). Dia juga mendarat dengan cukup keras di tanah.

“Itu merupakan kecelakaan yang buruk, sangat menyakitkan, terutama di bagian perut dan depan,” kata pemilik sembilan gelar juara dunia semua kelas tersebut.

Setelah kecelakaan, Rossi langsung dibawa ke rumah sakit. Dia dirawat di Ospedale Infermi di Rimini, lalu boleh pulang keesokan harinya.

“Saya berada di rumah sakit selama semalam karena merasakan sulit untuk bernapas. Di rumah, selama dua atau tiga hari rasanya juga masih sangat sakit. Tadinya saya ragu soal balapan (GP Italia),” ujar dia lagi.

Rossi mengatakan bahwa kondisinya mulai terlihat jauh membaik pada Selasa (30/5/2017). Dia bisa bernapas dengan lebih baik.

Pada Kamis (1/6/2017), Rossi harus menjalani tes untuk memastikan apakah dia cukup fit untuk turun ke lintasan. Dia dinyatakan fit dan bisa ikut balapan.

View image on Twitter
Namun, Rossi harus memastikan lagi kondisinya setelah menjalani sesi latihan bebas pertama dengan motor Yamaha YZR-M1, Jumat (2/6/2017).

“Kemarin (Rabu), saya mencoba naik motor, TMax dan R6. Saya merasa nyaman saat duduk (di atas motor) dan bisa bergerak tanpa merasakan sakit terlalu parah, jadi saya cukup optimistis,” kata dia.

Rossi tentu saja menyadari bahwa motor yang dia pakai saat berlatih sangat berbeda dengan motor motogp.

Di Sirkuit Mugello, dia harus sering mengubah posisi duduk karena banyak perubahan arah tikungan di sana.

“Dan terutama ketika kamu memacu motor dengan maksimal, kamu harus menarik napas lebih lama dan saya masih merasakan sakit,” kata dia.

Rossi akan turun pada sesi latihan bebas pertama yang digelar Jumat (2/6/2017) pada pukul 09.55 waktu setempat (14.55 WIB).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *