Pesan Sri Mulyani kepada Pegawai Kemenkeu di Peringatan Hari Pahlawan

JAKARTA – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta. Upacara peringatan tersebut digelar secara tertutup dan diikuti oleh seluruh jajaran pegawai Kemenkeu.

Dalam kesempatan tersebut, Sri Mulyani berpesan agar pegawai Kemenkeu mencontoh nilai-nilai semangat pahlawan membangun Indonesia. Salah satunya, menerapkannya dalam menjalankan tugas menjaga keuangan negara.

“Yang jadi esensi kita itu gimana kita terus menyerap dan memahami nilai-nilai dan sebetulnya dari kalimat-kalimat yang disampaikan oleh mereka itu ada hal hal yang memang tetap relevan pada saat sekarang,” ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Senin (12/11).

“Jadi saya berharap semua tim Kemenkeu dalam menjalankan tugas menjaga keuangan negara itu tidak hanya upacara setiap tanggal 10 November tapi betul betul merenungkan, menyerapi dan memahami dan menjalankan value kepahlawanan itu,” sambungnya.

Sri Mulyani mengatakan, beberapa sikap kepahlawanan yang harus diterapkan ketika menjalankan mengelola keuangan negara adalah memiliki sikap loyal, tidak kenal takut dalam melakukan hal yang benar dan tidak mudah menyerah.

“Jadi 3 elemen ini kalau kita lihat di dalam konteks hari ini adalah integritas itu sebagai fondasi kita di dalam Kementerian Keuangan bagaimana kita memiliki suatu daya juang dan ini adalah lahan perjuangan kita dalam mengelola keuangan negara untuk menjadi instrumen yang baik,” jelasnya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia tersebut menambahkan, baginya peringatan hari pahlawan memiliki makna mendalam. Peringatan tersebut juga digunakan untuk mendoakan para jajaran Kemenkeu yang sudah meninggal dalam tugas.

“Saya selalu anggap peringatan hari pahlawan itu adalah salah satu hari besar yang di dalam kita melakukan upacara peringatannya itu maknanya sangat dalam, bisa menginspirasi dan menghidupkan kembali value value yang penting itu. Dan saya harap itu juga dirasakan oleh Kementerian Keuangan.”

 

 

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *