Pemerintah Targetkan Angka Kemiskinan Turun jadi 9,5 Persen di 2019

SURABAYA – Melalui Kementerian Sosial (Kemensos), pemerintah menarget angka kemiskinan di Indonesia turun dari angka 9,8 persen (berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2018) menjadi 9,5 persen di 2019.

Target ini diungkap Mensos Agus Gumiwang Kartasasmita usai menghadiri Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas Pendampingan Bansos Pangan dan Pendampingan Sosial Kelompok Usaha Bersama Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (Kube Bekerja) Tahun 2018 di Surabaya, Rabu (7/11) malam.

“Target dari pemerintah adalah di penghujung 2019, angka kemiskinan bisa kita tekan menjadi 9,5 persen. Itu paling tinggi ya, jadi kita optimis angka kemiskinan di 2019, di akhir 2019, bisa di bawah 9,5 persen,” kata Agus.

Meski optimistis bisa melampaui target tersebut di 2019, Agus mengaku ini bukan pekerjaan mudah. Untuk itu, pihaknya menggelar acara Bimtek 2018 ini dalam rangka persiapan menuju 2019.

Katanya, gelar Bimtek ini, selain menjadi ajang diskusi, saling bertukar pikiran antara para relawan Kemensos di berbagai daerah, juga membahas program-program yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan program pemberdayaan masyarakat.

“Ya ini kan acara yang bagus, sengaja kita mengundang teman-teman dari banyak koordinator, dengan juga ada Bimtek, ini dalam rangka mereka (para pendamping) perlu untuk saling memberikan masukan,” katanya lagi.

Masukan-masukan itu, masih kata Agus, dalam rangka perbaikan-perbaikan kerja para relawan maupun pendamping di lapangan. “Dan mereka saling bertukar pikiran, karena tugas mereka ke depan itu kan tidak semakin mudah,” tegasnya.

Sekadar catatan, dari data BPS terkait penurunan angka kemiskinan di 2018, per bulan Maret, mencapai 9,8 persen. Jumlah orang yang masuk kategori miskin juga menurun dari 27,7 juta jiwa pada Maret 2017 menjadi 25,95 juta jiwa pada Maret 2018. 

 

 

Sumber: Merdeka.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *